Latihan I'rab: Takut dan Harap kepada Allah

لا يرجون عبد إلا ربه ولا يخافن إلا ذنبه
لا (tidak, jangan) يرجون (benar-benar mengharap) عبد (seorang hamba) إلا (kecuali) ربه (Tuhannya) و (dan) لا (tidak) يخافن (benar-benar takut) إلا (kecuali) ذنبه (dosanya).

لاَ يَرْجُوَنَّ عَبْدٌ إِلاَّ رَبَّهُ وَلاَ يَخَافَنَّ إِلاَّ ذَنْبَهُ
"Janganlah  seorang hamba mengharap kecuali Tuhannya dan janganlah dia takut kecuali karena dosanya" [Ali bin Abi Thalib]

  • Fi'il يَرْجُوَنَّ (=dia benar-benar mengharap) adalah Fi'il Mudhari' untuk Dhamir هُوَ (=dia) kemudian mendapat tambahan huruf نَّ Taukid (penegasan) di belakangnya (يَرْجُو menjadi يَرْجُوَنَّ).
  • Demikian pula Fi'il يَخَافَنَّ (=dia benar-benar takut) adalah Fi'il Mudhari' untuk Dhamir هُوَ yang mendapat tambahan huruf Nun Taukid (نَّ) di belakangnya (يَخَافُ  menjadi يَخَافَنَّ).
  • Isim عَبْدٌ (=hamba) adalah Isim Marfu' (mengalami I'rab Rafa') dengan tanda Dhammah (bunyi vokal "u" pada huruf terakhirnya), karena Isim ini berkedudukan sebagai Fa'il (Pelaku) bagi Fi'il يَرْجُوَنَّ.
  • Isim رَبَّ (=Tuhan) dan Isim ذَنْبَ (=dosa) adalah Isim Manshub (mengalami I'rab Nashab) dengan tanda Fathah (bunyi vokal "a" pada huruf terakhirnya), karena kedua Isim ini berkedudukan sebagai Maf'ul Bih (Objek Penderita) masing-masing bagi Fi'il يَرْجُوَنَّ dan يَخَافَنَّ.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Latihan I'rab: Takut dan Harap kepada Allah"

Post a Comment